advertisement

Penayangan bulan lalu

Senin, 16 April 2012

Menjaga Diri Dari Bahaya Sihir

ن ا * ر سم الله ا 8
Menjaga Diri Dari Perbuatan
Sihir Dan Sejenisny
a
Pertanyaan: kami mengharapkan penjelasan firman Allah swt
tentang perdukunan dan sejenisnya yang meninggalkan jalan Allah swt dan
pergi kepada para syetan untuk belajar dari mereka tentang cara
memisahkan di antara seseorang dan istrinya:
B ن بهِ من أحدٍ إِلا بإذنِ اللهِ $ وماهم بضآر
ْ
ِِِِ
B ََْ E َ Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorangpun,
kecuali dengan ijin Allah. (QS. al-Baqarah:102)
Bagaimanakah hal itu terjadi? Apakah bahaya itu bisa menimpa
orang-orang beriman dan orang orang fasik? Apakah ada jalan untuk
menjaga diri dari kejahatan dan bahaya ini, di mana banyak sekali dukun
yang menjual kemampuan mereka kepada kalangan awam untuk
melakukan hal itu?
Jawaban: jalan-jalan yang busuk ini termasuk pelayanan terhadap
syetan dan melayani orang yang melakukan hal ini, dan persahabatan
mereka untuk mereka.
Mereka mempelajari hal itu dari mereka dari jenis sihir, perdukunan,
peramal dan tukang tenung dan selain mereka termasuk jenis sya'wadzah.
Mereka melakukan hal ini untuk mendapatkan uang dan mengelabui akal
manusia. Sehingga orang-orang kagum kepada mereka, lalu berkata:
sesungguhnya mereka mengetahui ini dan itu, dan hal ini adalah realita.
Allah swt menguji hamba-Nya dengan kesenangan dan kesusahan, mencoba
hamba-hamba-Nya dengan orang-orang jahat dan orang-orang baik.
Sehingga berbeda orang jujur dari orang yang pendusta, sehingga jelas yang
4
mana waliyullah dan yang mana wali syetan. Sehingga berbeda orang yang
menyembah Allah swt dan berusaha untuk keselamatan agamanya,
memerangi kufur, nifaq, maksiat dan khurafat, dan orang yang lemah
dalam hal itu atau selalu lemah dan malas. Allah swt membedakan manusia
dengan cobaan yang diberikan-Nya kepada mereka berupa kesenangan dan
kesusahan, kekuasaan musuh dan jihad, sehingga jelas wali-wali Allah swt
dari musuh-musuh-Nya yang menentang agama Allah swt. Sehingga jelas
orang yang kuat dalam kebenaran dari orang-orang yang lemah. Inilah
realita yang tidak diragukan lagi dan menjaga diri dari hal itu sangat
dianjurkan. Alhamdulillah, bahkan hukumnya wajib.
Allah swt mensyari’atkan untuk hamba-hamba-Nya untuk menjaga
diri dari kejahatan mereka dengan sesuatu yang disyari’atkan Allah swt
berupa ta’awwudzat (perlindungan) dan zikir-zikir serta semua sebab-sebab
yang dibolehkan, dan Nabi saw bersabda:
قَالَ H لا َ I من نزلَ م ً
ِ
مَا خَلَقَّ NE امات مِنْ َ P لمَات الله ا 5 :ََََْْ أعوْذ ب ِ B B َِِِ
ِ
َُُ
لَ مِنْ U يَر ِ V ه شيئٌ ح Z مْ يَ "
َْ B ََُْ B َُ
ِكَ ذ ]ِِ I م ِ
“Barangsiapa yang singgah di satu tempat, lalu ia membaca:
ماتِ B اPB لِمَاتِ اللهِ ا 5 أعوذ ب َ
ِ
َُُْ
مَا خَلَقَّ NE مِنْ َ
(Aku berlindung dengan kalimah-kalimah Allah swt yang sempurna dari
kejahatan yang Dia ciptakan’), Niscaya tidak ada yang membahayakannya
sampai ia meninggalkan tempat itu.” Dikeluarkan oleh Muslim dalam
Shahihnya.
Dan sebagaimana Nabi saw bersabda:
سميْع العَلِيْمُ ثَلاَثَ سماء وهُو ا ا c الأرْض ولا c مع اسْمه شيْئ Z ي لاي h مَنْ قَالَ: باسْم الله ا ُْْ ِ B ََِ B ٌََِ
َََ
ِِِِ
ََََِ i ُ B ِ
ِِ
c راتٍ ِ B j َهَا ثَلاَثَ َ يصبِحَ وَمَنْ قَا V ه شيئٌ حَ Z َمْ يَ مسَاء ا c راتٍ ِ B jَ
ُْ B َُْ B َُِ
ْ
VB هُ شَيْئٌ حَ ZB َمْ يَ ُ صبَاحِ B ا
مْ َِ oُ
“Barangsiapa yang membaca:
5
سميْع العَلِيْمُ سماء وهُو ا ا c الأرْض ولا c مع اسْمه شيْئ Z ي لاي h باسْم الله ا ُْْ ِ B ََِ B ٌََِ
َََ
ِِِِ
ََََِ i ُ B ِ
(‘Dengan nama Allah yang tidak ada sesuatu di bumi dan tidak pula di langit
yang membahayakan disertai nama-Nya, dan Dia Maha Mendengar lagi
Maha Mengetahui.)’ Sebanyak tiga kali di sore hari niscaya tidak ada
sesuatu yang membahayakannya hingga pagi hari. Dan barangsiapa yang
membacanya tiga kali di pagi hari niscaya tidak ada sesuatu yang
membahayakannya hingga sore hari.1
Dan sebagaimana Nabi saw bersabda: “Barangsiapa yang membaca ayat
kursi di saat mau tidur di atas tempat tidurnya niscaya tidak ada sesuatu
yang membahayakannya hingga pagi hari.”
Ini adalah karunia Allah swt.
Dan beliau saw mengabarkan bahwa: Siapa yang membaca surah al-Ikhlas,
al-Falaq dan an-Naas tiga kali saat mau tidur niscaya tidak ada sesuatu
yang membahayakannya.2
Maka ia merupakan sebab-sebab keselamatan dari segala keburukan
apabila orang beriman membacanya saat mau tidur (tiga kali). Demikian
pula setelah shalat lima waktu dan disyari’atkan mengulanginya sebanyak
tiga kali setelah shalat fajar dan maghrib, dan hal itu setelah selesai
membaca tasbih, tahmid, takbir, dan tahlil. Hal itu termasuk kerunia Allah
swt kepada hamba-hamba-Nya dan petunjuk-Nya untuk mereka menuju
sebab-sebab kesehatan dan menjaga diri dari kejahatan para musuh.
Dan seperti ini pula termasuk sebab-sebab syar’i, memperbanyak membaca
empat kalimat:
pَُ q َ إلا اللهُ واللهُ أ r مد لله ولا s سُبْحَانَ اللهِ وا ََْ B ََ ِ
َ
Maha Suci Allah, Segala puji bagi Allah, tiada Ilah (yang berhak disembah)
selain Allah, dan Allah swt Maha Besar.
Maka ia termasuk sebab-sebab keselamatan dan kesehatan. Berdasarkan
sabda Nabi saw:
1 Ahmad 476.
2 Ahmad 27828, Abu Daud, kitab adab, bab yang dibaca di pagi hari no. 5082, at-Tirmidzi, kitab da’awat, bab
menantikan kemudahan, no. 3575 dan an-Nasa`I kitab isti’adzah bab 1 no. 5428.
6
pَُ q َ إلا اللهُ واللهُ أ r مد لله ولا s ع: سبحان الله وا t الله أر u م إ w أحب ا ََْ B ََ ِ
َ
َُِْْ ْ
“Kata-kata yang paling disukai Allah swt ada empat: Maha Suci Allah,
Segala puji bagi Allah, tiada Ilah (yang berhak disembah) selain Allah, dan
Allah swt Maha Besar.3 Dikeluarkan oleh Muslim dalam shahihnya.
Seperti ini pula dengan memperbanyak membaca al-Qur`an disertai
tadabbur dan memikirkan, memperhatikan perintah Allah swt dengan
melaksanakannya dan meninggalkan maksiat kepada-Nya.
Demikian pula dengan memperbanyak bacaan:
] ك ُ $N َ إلا الله وحده لا r لا ََْ
ِ
ََََُُْ B َ
شيئ قدِيْرٌ z { مد وهو s ا ] ملك و ُ ا ] ،ِ ُ َ
ٍ
B ََََََُُُُُْْْْ
“Tidak ada Ilah (yang berhak disembah) selain Allah swt saja, tidak ada
sekutu baginya. Miliknya kerajaan dan pujian, dan Dia Maha Kuasa atas
segala sesuatu.”
Semuanya termasuk sebab-sebab keselamatan. Diriwayatkan dalam riwayat
yang shahih dari Rasulullah saw:
] ك ُ $N َ إلا الله وحده لا r من قال: لا ََْ
ِ
ََََُُْ B َ
يوم مائ c شيئ قدير z { مد وهو s ا ] ملك و ا ] ،ِ ٌٍَََُُِِِْْ
ٍ
َْ B ََََََُُُُُْْْْ
ةَ
حرزٍ مِنَ } ن ~ ئة و نه مِائة س  يت . مِائة حسنة و ] تب الله ƒ رِقاب و … عدل ع ] نت † رة j
ِِْ
ٍََََ E ٍٍََََََََََََََََََََُُُُُِْْْْ B َ
ٍ
َ
ِ
َُْ
ما جَاء به إلا رَجُلٌ عَمِ B j م يأتِ أحَد بأفضل ، و مْ َِ o ُ VB ِكَ حَ شيْطَانِ يَوْمَهُ ذ B ا B
ََِِِِِ مله  من Œq لٌََََََْْْ أ “Barangsiapa yang membaca:
] ك ُ $N َ إلا الله وحده لا r لا ََْ
ِ
ََََُُْ B َ
شيئ قدِيْرٌ z { مد وهو s ا ] ملك و ُ ا ] ،ِ ُ َ
ٍ
B ََََََُُُُُْْْْ
Seratus kali sehari, niscaya untuknya seperti memerdekakan sepuluh budak,
ditulis baginya seratus kebaikan, dihapus darinya seratus kesalahan, dan ia
menjadi pendinding baginya dari syetan pada hari itu hingga sore hari. Dan
tidak datang seseorang dengan yang lebih utama dari pada yang ia datang
kecuali seseorang yang beramal melebih amalnya.”4 Disepakati shahihnya.
3 HR. Muslim, kitab adab, bab dibenci memberi nama dengan nama yang jelek no. 2137.
4 HR. al-Bukhari, kitab permulaan makhluk, sifat iblis dan tentaranya no. 3293 dan Muslim, kitab zikir dan doa,
bab keutamaan tahlil dan tasbih no. 2691.
7
Di antara yang menggabungkan semua kebaikan bagi seorang muslim
adalah mempelajari al-Qur`an dan sunnah dalam ucapan dan perbuatan,
mengamalkan wasiat yang diberikan Allah swt kepada hamba-hamba-Nya
dan Dia menyuruh mereka dengannya dalam kitab-Nya dan sunnah rasul-
Nya yang amin. Di antaranya Dia berwasiat kepada hamba-hamba-Nya agar
selalu bertaqwa dan memerintahkan dalam ayat-ayat yang sangat banyak.
Tidak diragukan lagi, bahwa taqwa adalah wasiat terbesar. Ia adalah wasiat
Allah swt dan rasul-Nya saw. Ia menggabungkan semua kebaikan.
Di antara pengamalan taqwa adalah memperhatikan al-Qur`an yang
tidak datang kepadanya kebatilan di hadapannya dan tidak pula di
belakangnya, yang diturunkan dari Yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji.
Allah swt memberi wasiat dengan hal itu dalam firman-Nya:
ونَ * مْ تُرْ َُ 5 قوا لعل ُ Ž اه مباركٌ فاتبعوه وا  وهذا كتابٌ أنز B ََُ B َََُُُ
ِ
B ََََََََُِْ
Dan al-Qur'an itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan
bertaqwalah agar kamu diberi rahmat, (QS. al-An'aam:155)
Dan firman-Nya:
م “ قتلوا أولادَ ُ Ž ين إحسانا ولا ” وا اt ئا و وا به ش ƒ…• م ألا 5 م عليْ ُ 5ُ t وا أتل ماحرم ر عا Ž قل ًَََََََََُُُُْْْْ ِِ
ًَِْْ B َََ
ِ
َِْ ِ
ُ
ِ
ََُْْ i َ B َََُْْْ
اهُمْ B ي– مْ و 5 ن نرزق ُ — لاق j منْ إ E
ِ
َََُُُْْْ
ٍِ
™ فس ال  قتلوا ا Ž طن ولا œ وا الفواحش ماظهر منها وما t قر Ž ولا ِ
B َْ B َََََََََََََََََُُْْْ َََُِِْ
عقلُونَ Ž م 5 م به لعل “ م وصا 5 ق ذل s حرم الله إلابا
َُُُِْْْْ B ََ ِِ
B َِِ
َ E َْ B َ
¡ َِ ™ يم إلا بال ِ ¢£ وا مال ا t قر Ž *ُِ ولا B َ
B
ِ
B
َََََُِِِْ ََْ
بْلُغَ o َ VB أحْسَنُ حَ َ
ذا قلتُمْ – فسا إلا وسعها و ¥ لف 5 ان بالقسط لان ¨ م أشده وأوفوا الكيل وا َُْ B ُْ
ِ
ًََََُُِْْ E َََََُْْ B
ِِِ
ْْ
ِ
َََََُُْ
م تَذكرُونَ 5 م به لعل “ م وصا 5 عهْد الله أوفوا ذال t و ª نَ ذاقر † و وا و فاعْد B َُْ B ََََُُْْْ ِِِِِ
B َََِ
َََُُْْ
ِ
Katakanlah:"Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu olwh Rabbmu, yaitu:
janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang
ibu bapak,dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan. Kami
akan memberi rezki kepadamu dan kepada mereka; dan janganlah kamu mendekati perbuatanperbuatan
yang keji, baik yang nampak diantaranya maupun yang tersembunyi, dan janganlah
kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan suatu
(sebab) yang benar". Demikian itu yang diperintahkan oleh Rabbmu kepadamu supaya kamu
memahami(nya). *
Dan janganlah kamu dekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih bermanfa'at,
hingga sampai ia dewasa. Dan sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil. Kami
8
tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar kesanggupannya. Dan apabila
kamu berkata, maka hendaklah kamu berlaku adil kendatipun dia adalah kerabat(mu, dan
penuhilah janji Allah. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu ingat,
(QS. al-An'aam:151-152)
Kemudian setelah itu:
م بِهِ “ م وصا 5 يلهِ ذال « ن س  م 5 تفرق بِ H سبل بعوا ا ¢ ستقيما فاتبعوه ولات j ¬ا­ وأن هذا
ُْ B َُُِْْْ i ََُ
َ
َََِِ B ًَََََُُِِ ََََُ
ِِ
B ََُ B ِْ B
َ
تقُونَ B Ž مْ َ 5 لعل ُ B ََ
dan bahwa (yang Kami perintahkan) ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia; dan
janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan
kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu bertaqwa.
(QS. al-An'aam:153)
Pertama, Allah swt berfirman: لَعَ
عقلُون Ž م 5 ل
َُِْْ B , kemudian berfirman: كرُونَ B مْ تَذَ 5 ل ُ B لَعَ
Kemudian berfirman: قُونَ B تŽ مْ َ 5ُ B لَعَل
Hikmah dalam hal itu adalah seperti yang dikatakan segolongan ahli
tafsir: sesungguhnya apabila manusia memikirkan sesuatu yang diciptakan
untuknya dan yang diperintahkan dengannya, serta yang dikhithab
dengannya, memperhatikan dan merenungkan, niscaya ia mendapatkan
pelajaran yang wajib baginya dan yang harus ditinggalkan. Setelah itu,
taqwa adalah dengan melaksanakan perintah dan menjauhi segala
larangan. Dengan demikian, sempurnalah bagi hamba memperhatikan
dengan yang dia baca, atau dengan yang dia dengar. Sesungguhnya ia
memulai dengan memikirkan, kemudian mengamalkan dan itulah
tujuannya.
Wasiat dengan Kitabullah secara ucapan dan perbuatan mengandung
pengertian berdakwah kepadanya, mempertahankannya/membelanya, dan
mengamalkannya. Karena ia adalah kitabullah yang siapa saja yang
berpegang dengannya niscaya ia selamat dan barangsiapa yang
menyimpang darinya niscaya binasa.
Diriwayatkan dalam hadits yang shahih dari Nabi saw, dari hadits
Abdullah bin Abi Aufa: Sesungguhnya Nabi saw berwasiat dengan
Kitabullah. Dan hal itu ketika Abdullah bin Abi Aufa ditanya: 'Apakah Nabi
saw pernah memberi wasiat?' Ia menjawab: 'Ya, beliau berwasiat dengan
9
kitabullah.’5 Rasulullah saw berwasiat dengan kitabullah, karena ia
mengumpulkan semua kebaikan.
Di dalam shahih Muslim, dari Jabir rad, bahwa Nabi saw berwasiat
dalam haji wada` dengan Kitabullah, beliau bersabda:
تَصمتُم بِهِ كِتَابُ اللهِ  م مَا لن تضلوا إن ا 5 يH تارك ِ ® إ
ٌَُْْْْْْ
ِِِ
i َ E
ََِ
نه  ا ومن أعرض ¯ مسك به Ž ،ِ من ََََََََُْْْ B َْ
ِِ
َََ
هَلَكَ.
“Sesungguhnya aku meninggalkan padamu yang kamu tidak akan tersesat
jika kamu berpegang dengannya; Kitabullah. Barangsiapa yang berpegang
dengannya niscaya selamat dan barangsiapa yang berpaling darinya
niscaya binasa.”6
Dan dalam Shahih Muslim pula, dari Zaid bin Arqam rad, sesungguhnya
Nabi saw bersabda:
H ُهُمَا كِتَابُ اللهِ ِ وB أ ± قل ² م 5 يH تارك ِ ® إ َ
ِ
ٌََََُْْْ
ِ
E
مسكوا بِهِ Ž تاب اللهِ و 5 ور فخذوا بِ  هدى وا يِهِ ا
ُْ B َََْ i َ ِ
َِ
ََُُُُْْ
.
“Sesungguhnya aku meninggalkan padamu dua yang berat; yang pertama
adalah Kitabullah yang mengandung petunjuk dan cahaya, maka ambillah
dengannya dan berpegang teguhnya dengannya.”
Maka beliau saw mendorong kepada Kitabullah, kemudian beliau bersabda:
™ِ أهل ب c م بالله “ أذكر ™ِ أهل ب c م بالله “ أذكر ™ِ وأهل ب
َََْْْْْ
ِِ
َََْْْ
ِِِِ
ُُ E َُُُ E َُ
ِ
“Dan ahli bait-ku, aku ingatkan kalian kepada Allah swt pada ahli bait-ku,
kuingatkan kalian pada ahli bait-ku.’7
Beliau saw berpesan dengan Kitabullah, sebagaimana Allah swt
berwasiat/berpesan dengan Kitab-Nya. Kemudian wasiat dengan Kitabullah
adalah wasiat dengan sunnah, karena al-Qur`an berwasiat dengan sunnah
dan menyuruh mengagungkannya, maka wasiat dengan Kitabullah
merupakan wasiat dengan sunnah Rasulullah saw, dan keduanya adalah
tsaqalaan (dua yang berat). Keduanya ada dasar yang tidak ada pilihan lain
5 HR. al-Bukhari, kitab keutamaan al-Qur`an, bab wasiat dengan Kitabullah, no. 5022, dan Muslim, kitab wasiat,
bab meninggalkan wasiat bagi yang tidak ada sesuatu baginya. No. 1634.
6 HR. Muslim, kitab haji, bab haji Nabi saw, no. 1218.
7 HR. Muslim, kitab keutamaan sahabat, bab keutamaan Ali bin Abi Thalib rad no. 2408.
10
selain darinya. Siapa yang berpegang dengannya niscaya selamat dan siapa
yang menyimpang niscaya ia binasa. Dan barangsiapa yang mengingkari
salah satu darinya ia menjadi kafir kepada Allah swt, halal darah dan
hartanya. Dan disebutkan dalam riwayat yang lain:
تَصمتم بِهِ كِتَ  م مَا لن تضلوا إن ا 5 يH تارك ِ ® إ
ٌَُُْْْْْْ
ِِ
i َ E
ََِ
ِ
™µ اَب الله وس ِ
B َُُِ
“Sesungguhnya aku meninggalkan padamu yang membuatmu tidak akan
tersesat selama tetap berpegang dengannya; Kitabullah dan sunnahku.”8
Dikeluarkan oleh al-Hakim dengan sanad yang jayyid.
Kamu telah mengetahui wahai muslim, bahwa wasiat dengan
Kitabullah dan perintah dengan Kitabullah merupakan wasiat dengan
sunnah dan perintah dengan sunnah, karena Allah swt berfirman:
ونَ * مْ تُرْ َُ 5 رسُول لعل ُ ة وأطيعوا ا † ز صلاة وءاتُوا ا يمُوا ا · وأ B َََ B َُ ِِ
ََََ B َََ B ََ
Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan ta'atlah kepada rasul, supaya kamu diberi
rahmat. (QS. an-Nuur:56)
Dan firman-Nya:
نْهُ فَانتَهُوا  مْ َ “ هَا ُ ¥ رسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا َ B مُ ا “ وَمَآءَاتَا ُ
Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia.Dan apa yang dilarangnya bagimu
maka tinggalkanlah; (QS. al-Hasyr:7)
Dan firman-Nya pula:
مآأرسلناكَ عَليهمْ حَفِيظًا H ¹ قد أطاع الله ومَن تو H رسول من يطع ا
ِ
B ََََََََََُْ B ُِِ B
Barangsiapa yang menta'ati Rasul itu, sesungguhnya ia telah menta'ati Allah. Dan barangsiapa
yang berpaling (dari ketaatan itu), maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara
mereka. (QS. an-Nisaa`:80)
Banyak sekali ayat-ayat yang Allah swt menyuruh padanya untuk taat
kepada-Nya dan kepada Rasul-Nya saw. Dan ilmu yang bermanfaat adalah
yang diambil dari keduanya. Inilah yang disebut ilmu. Ilmu adalah firman
Allah swt dan sabda rasulullah saw, serta yang datang dari para sahabat,
karena mereka adalah yang paling mengerti dengan Kitabullah dan paling
mengetahui tentang sunnah. Pengambilan hukum dari ucapan mereka
8 HR. al-Hakim dalam al-Mustadrak 1/172.
11
membantu penuntut ilmu dan menuntun penuntut ilmu kepada
pemahaman yang benar tentang Allah swt dan Rasul-Nya. Kemudian
dibantu dengan ucapan para ulama dari kalangan tabiin dan tabiit tabiin
dan para ulama sesudahnya. Seperti ini pula para ulama bahasa, ucapan
mereka membantu memahami Kitabulllah dan sunnah rasul-Nya.
Penuntut ilmu harus memperhatikan Kitabullah dan sunnah Rasul-
Nya, dan untuk memahaminya dibantu dengan ucapan para ulama yang
mengutip ucapan para sahabat dan para ulama sesudah mereka yang
termaktub di dalam tafsir dan hadits, untuk memahami makna-makna al-
Qur`an, lalu ia mempelajarinya, mengamalkannya dan mengajarkannya
kepada manusia, karena hal itu mengandung pahala besar dan ganjaran
yang agung. Di antaranya sabda Nabi saw:
علم القرآن وعلمَهُ Ž م من “ُ ¼ خ ْ B ََََُْْ B ََََُْْ
“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari al-Qur`an dan
mengajarkannya.”9
Dan sabdanya:
نةِB َ½ ا u قا إ $ به طر ] يه عِلما سهل الله H قا يلتمس ِ $ من سلك طر ََْ
ِ
ًًَََْْ
ِِ
ََِِ َُُِ B ْ “Barangsiapa yang menempuh satu perjalanan untuk mencari ilmu niscaya
Allah swt memudahkan baginya jalan menuju surga.”10
Dan Rasulullah saw sangat mendorong untuk menghapal/menjaga
Kitabullah dan memikirkan makna-maknanya, karena hal itu mengandung
pahala besar, seperti sabda Nabi saw:
ِهَا أمْثَا … سنة بع s مَن قرأ حَرفا من القرآن فله به حَسنة وا ََ
ِ
َْ
ِِ
ٌَََََََُُْْ
ِ
ًَََ
ِْْ “Barangsiapa yang membaca satu huruf al-Qur`an maka untuknya satu
kebaikan dan satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan.11
Dan sabdanya saw:
شفيعا لِأصحابِهِ ¿ اِقرأوا القرآن فإنه يأ
ًََُْْ
َِ
ِ
َْ B
ِ
9 HR. al-Bukhari 5027.
10 HR. Muslim 2699.
11 HR. at-Tirmidzi 2910.
12
“Bacalah al-Qur`an, ia datang di hari kiamat memberi syafaat bagi
ashhabnya.’12 Dikeluarkan oleh Muslim dalam shahihnya. Dan ashhabnya
adalah yang mengamalkanya, sebagaimana disebutkan dalam hadits yang
lain: yaitu sabda Nabi saw:
“Didatangkan dengan al-Qur`an di hari kiamat, dan ahlinya yang
mengamalkannya dibawa oleh surah al-Baqarah dan Ali Imran, seolah-olah
dua awan atau naungan yang hitam, …"
Dikeluarkan oleh Muslim dalam shahihnya. Dan ayat-ayat dan haditshadits
yang menunjukkan keutamaan al-Qur`an dan mengamalkannya, dan
keutamaan sunnah dan menjaganya sangat banyak.
Maka kita memohon kepada Allah swt dengan asma-Nya yang indah dan
sifat-Nya yang tinggi agar memberi taufik kepada kita dan kaum muslimin
untuk berpegang teguh dengan kitab-Nya dan sunnah rasul-Nya, serta
mengamalkan keduanya. Sesungguhnya Dia Maha Pemurah lagi Maha
Mulia.
Majmu Fatawa wa Maqalat Mutanawwi'ah 8/150-156
Tata cara mengobati penyakit jiwa
Pertanyaan: Kami mempunyai saudara tua yang taat beragama;
shalat, puasa, umrah, membaca al-Qur`an, menjaga shalat jamaah di
masjid, menghadiri majelis zikir. Tiba-tiba kondisinya berubah 180 derajat,
ia menjadi tidak shalat, tidak membaca al-Qur`an dan tidak menghadiri
majelis zikir. Ia duduk sendirian di kamarnya, sampai ia tidak pergi ke
tempat kerjanya. Berilah penjelasan kepada saya, apa yang harus saya
lakukan terhadap saudara tua saya ini. Semoga Allah swt membalaskan
kebaikan untukmu.
Jawaban: yang disyari’atkan adalah mengobati dengan pengobatan
Nabi saw dan pengobatan yang dikenal para ahli jiwa yang tidak
bertentangan dengan syari’at yang suci. Berdasarkan sabda Nabi saw:
شِفَاءً ] ما أنزَل الله داءً إلا أنزَل ُ َََْ B ََْ
ِ
12 HR. Muslim 803
13
“Allah swt tidak menurunkan penyakit kecuali menurunkan obat untuknya.”13
Dan sabdanya:
اء برأ بإذنِ اللهِ ” داء دواء فإذا أصيب دواء ا À ل
ْ
ِِِ
ََ B ٍََََََُِِْ
ٌََُ E ُِ
“Setiap penyakit ada obatnya, apabila sudah ditemukan obat satu penyakit
niscaya ia sembuh dengan ijin Allah swt.”14 Dikeluarkan oleh Muslim dalam
shahihnya.
Dan sabdanya saw:
َرَامِ s عباد الله تداوَوا وَلا تداوَوا با ْ
ِْْ َََََ
“Wahai hamba Allah, berobatlah dan janganlah berobat dengan yang
haram.”15
Di antara sebab-sebab yang bermanfaat untuk ini dan semisalnya:
membawanya kepada dokter ahli yang beriman dan bertaqwa, semoga
mereka mengetahui sebab-sebab penyakitnya dan pengobatannya. Semoga
Allah swt menyembuhkannya dari apa yang dideritanya, dan semoga Allah
swt menolongmu untuk mengobatinya dengan sesuatu yang berguna
untuknya, dan Allah swt membuka penyakitnya. Sesungguhnya Dia Maha
Pemurah lagi Maha Mulia.
Majmu Fatawa 9/410.
13 HR. al-Bukhari: 5678
14 HR. Muslim 2204
15 HR. Abu Daud 3874


Oleh: Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz -rahimahullah-
Terjemah : Muhammad Iqbal A. Gazali
Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar